Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

IPDN GOES TO SCHOOL JILID III // PENYULUHAN PHBS BAGI SD N 1 SADARKARYA

Dalam Pelaksanaan kegiatan Bhakti Karya Praja hari ini ( 14-09-2023) berlangsung kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS) bagi siswa/i SD N 1 Sadarkarya, kegiatan ini disambut meria oleh Kepala Sekolah dan dewa Guru serta para siswa/i yang sangat antusias dalam menerima materi PHBS.  PHBS adalah semua perilaku kesehatan masyarakat yang dilakukan atas kesadaran pribadi. Walau demikian, apa yang diterapkan pada PHBS tergantung dari lingkupnya, misalnya di lingkungan tempat tinggal, sekolah, perkantoran, dan tempat lainnya. Pengertian PHBS di sekolah adalah pelaksanaan prosedur kesehatan tertentu dengan memberdayakan guru, siswa, serta masyarakat di lingkungan sekolah. Mereka diharapkan untuk bisa melakukan pola hidup sehat demi terciptanya sekolah dan lingkungan sekitar yang sehat. Meskipun penerapan PHBS didasari oleh ruang lingkupnya, tujuan PHBS secara umum tetaplah sama, yakni meningkatkan kesadaran masyarakan untuk mau menjalankan hidup bersih dan sehat. Manfaat PHBS di sekolah Dengan melakukan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah terkhusunya di SD N 1 Sadarkarya , tentunya ada banyak manfaat yang bisa diraih oleh siswa, guru, hingga warga sekitar sekolah. Berikut adalah manfaat PHBS di lembaga pendidikan dan lingkungan sekitar yang perlu Anda ketahui. Meningkatkan kesadaran masyarakat untuk giat menjalankan hidup bersih dan sehat. Mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan di masyarakat. Menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Membiasakan murid dan pihak sekolah menjalani pola hidup sehat di lingkungan belajar. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat agar proses belajar dan mengajar berjalan lancar, serta menjaga kesehatan murid dan pihak sekolah lainnya.

SAATNYA SADARKARYA DIGITAL II PELATIHAN LANJUTAN WEBDESAKU OLEH PRAJA IPDN

 Sadarkarya- Pada Hari ini, Kamis 14 eptember 2023dilaksanakannya pengembangan dan pelatihan oleh praja ipdn melalui Webdesaku di Desa Sadarkarya , kini bertempat di ruang rapat kantor Desa Sadarkarya, praja IPDN melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan WEBDESAKU ke Perangkat desa Sadarkarya, Sebagai Wujud nyata Desa Sadarkarya Bisa mengikuti perkembangan zaman yang penuh dengan digitalisasi, dalam pelatihan ini Para Praja Mengajarkan bagaimana login in sebagai admin desa dan sebagai admin bumdes. sebagai admin desa diharpkan para perangkat desa dapat menginput data- data desa/profil desa serta ungga dokumen perencaanaan dan laporan keuangan ,adapun fitur pembuatan berita yang di arahkan untuk admin dapat menulis berita dengan pemahaman dan wawasan serta kaida penulisan yang baik dan benar dan dapat di pahami isi berita sama masyarakat dan mengisi potensi desa dalam hal ini wisata desa ke dalam webdesaku. Sedangkan sebagai admin Bumdes user di arahkan untuk memasukan katalog UMKM dan Produk unggulan yang mau pasarkan melalui webdesa ku. adapun para praja mengajarkan cara membuat Foto Katalog yang menarik melalui pemanfataan fitur dan aplikasi yang tersedia di internet.

IPDN GOES TO SCHOOL JILID 2 II PENYULUHAN KEPEMIMPINAN DASAR di MA MIFTAHUL ULUM DESA SADARKARYA

Pelaksaanaan Bhakti Karya Praja terus belangsung dan mengadakan kegiatan sosial pembedayaan kemasyarakaatan di Desa Sadarkarya. Pada hari 13-09-2023 Para Praja akan membawakan materi kepemimpinan dasar berupa : 1. Komunikasi Efektif dan Public Speaking 2. Peran Anak Dalam Perencanaan Pembangunan serta Anti kekerasan Pada Anak. Kegiatan ini didukung penuh oleh pihak yayasan serta antusias yang meria dari pada siswa/i MA Miftahul Ulum Desa Sadarkarya Harapanya para siswa/i nantinya dapat menjadi agen perubahan dalam perkembangan dirinya sendiri bahkan menjadi pelopor perubahan bagi teman sebaya serta orang lain disekitarnya. Adapun Rekomendasi atas hasil yang ditemukan saat Kunjungan yakni belum adanya Forum Anak yang menjadi wadah partisipasi dan penyaluran aspirasi dalam pemenuhan hak-hak anak serta dapat menjadi tempat anak untuk belajar dalam melawan kekerasan baik fisik maupun kekerasan secara verbal. Nantinya hasil ini akan di sampaikan kepada pihak desa serta dinas terkait untuk membantu mempercepat terbentuk forum anak tingkat desa bahkan kecamatan untuk Purwakrta menjadi Kota Layak Anak. Kota Layak Anak juga harus memenuhi beberapa persyaratan seperti adanya wadah organisasi Forum Anak, Adanya Sekolah Ramah Anak,Puskesmas Ramah Anak dan beberapa indikator lain yang bisa dikejar guna mewujudkan penganugerahan KLA ( Kota Layak Anak) dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumber Dokumentasi: Humas Ma Miftahul Ulum  Link live youtube: https://www.youtube.com/live/8hmA3xtFALo?si=1pPnjzmp_KqhYrCN

Desa Sadarkarya Jadi Tuan Rumah Kegiatan TP PKK Se Kecamatan Darangdan

Rabu, 13 September 2023 bertempat di Gor Desa Sadarkarya dilaksanakannya kegiatan peningkatan kapasitas kader PKK se Kecamatan Darangdan yang dibuka secara langsung oleh ketua TP PKK  Kecamatan Darangdan ,ibu Intan Al Idrus,S.M dan turut hadir kurang lebih 60 lebih peserta yang datang dari PKK pewakilan desa.Pelatihan peningkatan ini diharapkan mampu menamba wawasan dan kemampuan ibu-ibu PKK dalam penyelenggaran organisasi dan program kegiatan yang akan dilaksanakan kedepan.

IPDN GOES TO SCHOOL!!! // PELATIHAN BARIS BERBARIS DI MTs MIFTAHUL N ULUM

.Pelatihan Baris Berbaris ( PBB) dilaksanakan oleh Praja Utama IPDN dalam rangkaian kegiatan Bhakti Karya Praja di Desa Sadarkarya pada kesempatan ini para praja mengungjungi Mts N Miftahul Ulum Desa Sadarkarya( 12/09/2023) dan disambut meria oleh pihak Mts dan seluruh siswa/i.Pelatihan baris berbaris mengajarkanpara siswa untuk bisa hidup teratur dan tertib setiap harinya bahkan dalam pelaksanaan upacara resmi ketia para siswa/i menjadi perangkat atau petugas upacara bahkan sebagai peserta upacara juga para siswa/i harapkan memberikan sikap terbaik.  Melansir dari situs resmi TNI, Peraturan Baris Berbaris atau PBB memiliki beberapa manfaat, yaitu: Menumbuhkan rasa disiplin Pelatihan baris berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan. Menumbuhkan rasa kebersamaan Pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba. Meningkatkan daya konsentrasi Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya. Melatih solidaritas Baris berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antar anggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.