Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Desaku Purwakarta
Rp. 0
Keranjang masih kosong.

Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

SEMUA KATEGORI

Artikel Terpopuler

Rapat Mingguan Desa + Penyampaian Program Kegiatan BKP Praja IPDN di Desa Sadarkarya

Pada hari ini Kamis 07 September 2023 bertempat di Kantor Desa Sadarkarya berlangsung kegiatan rapat mingguan oleh perangkat desa bersama unsur masyrakat seperti PKK,Bumdes,Karang Taruna, RT,RW, Linmas, Kader Posyandu dan kelompok masyarakat lainya bersama Praja IPDN yang sedang melaksanakan Bhakti Karya Praja di Desa Sadarkarya. Rapat yang dipandu Oleh Sekretaris Desa dan di buka Oleh Kepala Desa berlangsung dengan lancar, adapun pokok-pokok pembahasan diantaranya evaluasi penyelenggaraan pemerintah desa selama 1 minggu kebelakang dan penyampaian agenda desa yang akan dilaksanakan hari hari yang akan datang. Dalam kesempatan ini Wahyu Samsu Ma'arif  selaku Kepala Desa menekankan bahwa dirinya bersama seluruh perangkat desa beserta semua masyarakat berkomitmen untuk melaksanakan program dan kegiatan yang telah di rancanakan dengan optimal dan penuh tanggung jawab. " Bukan mengkesampingkan pembangunan Infrastrukutr tapi bagaimana pemberdayaan dan tranfer ilmu untuk peningkatan sumber daya manusia di Desa Sadarkarya juga perlu harus menjadi fokus penting" ujar Kepala Desa Sadarkarya Kec. Darangdan. pada akhir kegiatan tersebut Praja IPDN diberikan Kesempatan untuk memaparkan dan memperkenalkan agenda program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Desa Sadarkarya diantaranya Pengembangan WEBDESAKU, IPDN Goes to School untuk pelaksanaan Penyuluhan PHBS, Literasi Digital, Anti kekeraasan Pada anak, Pelatihan baris berbaris dan Kunjungan pada sektor-sektor potensial yang ada di desa agar dapat dijadikan usul saran bagi pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan dalam pelaksanaan pembangunan Desa Sadarkarya yang lebih responsif. adapun Rencana Kegiatan FGD atau Focus Group Discussion antara Praja dan Karang taruna yang akan berdiskusi seputar peran anak muda dalam pembangunan harapanya segala aspirasi dari anak muda juda dapat disalurkan dengan baik.Kegiatan Rapat ini merupakan agenda rutin mingguan oleh Kepala Desa guna mengevaluasi dan memastikan penyelenggaran pemerintahan desa yang baik dan optimal.

2 PENGHARGAAN LAGI , DI TERIMA DESA SADARKARYA!!

Rabu 06 September Kepala Desa Sadarkarya Wahyu Samsu Ma'arif bersama Ibu TP PKK Desa Sadarkarya Menerima 2 Penghargaan berupa Juara 2 Lomba Desa Tingkat Kabupaten Purwakarta T.A 2023 serta Juara Terbaik dalam perlombaan Gagah Bencana Tingkat Kabupaten Purwakarta. Penerimaan penghargaan dilaksanakan di Gedung Yudistira, Pemda Purwakarta, dengan diterima pencapaian ini harapanya Desa Sadarkarya dapat terus berinovasi dan mengejar prestasi prestasi baik di tingkat Kabupaten bahkan Nasional nantinya dan menjadi desa percontohan bagi desa desa lain di Kabupaten Purwakarta.

14 hari Bersama 7 Orang Praja IPDN di Desa Sadarkarya, Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta

Pelaksanaan Bhakti Karya Praja atau di singkat BKP yang dilaksanakan oleh satuan Praja Utama /Tingkat IV Angkatan XXXI dilaksanakan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat berlangsung selama 14 hari lamanya( 05-18 September 2023) , Pada Hari ini Tanggal 6 September 2023 bertempat di desa Sadarkarya, 7 Praja melaksanakan Apel Pagi Perdana dan Pengenalan awal bersama Kepala desa dan perangkat Desa. Kegiatan Ini adalah wujud pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Harapanya dengan adanya 7 Praja Hebat ini dapat membantu pemerinatahan desa dalam mewujudkan database desa melalui WEBDESAKU untuk percepatan pembangunan desa di Kabupaten Purwakarta, adapun Tugas Pokok Praja dalam Pengembangan Webdesaku diantaranya 1.Mengelolah E-Commerce, 2. Mengelola Profil Desa serta Berita Desa serta Program Pemberdayaan Masyakarat dan Pendampingan Kegiatan Penyelenggaran Pemerintah Desa Sadarkarya Kedatangan Praja calon Pemimpin masa depan ini disambut hangat dan baik oleh  kepala desa, perangkat dan segelap masyarakat Desa Sadarkarya. 7 Praja tersebut diantaranya, Rizal ( Sulawesi Selatan ), Bartholomius Sondegau ( Papua ), Fransiskus Kwas Setitit ( Maluku ) Handy Jefri AL Hakim ( Sumatera Barat ) Nusyahbandi ( Nusa Tenggara Barat) Jeinora Wulan Welang ( Sulawesi Utara) dan Indah Yuni Khusnul Qotimah ( Jawa Tengah).

Kecamatan Darangdan Kehadiran calon-calon Pemimpin Masa Depan . Desa Sadarkarya Kebagian Gak ya???

Setelah melaksanakan Apel Penerimaan BKP di alun alun Purwakarta Oleh Bupati Purwakarta, Para Praja disebar sesuai dengan lokus BKP di beberapa kecamatan dan pada hari ini Kecamatan Darangdan Menerima 85 orang praja yang nantinya di sebar beberapa desa. Kedatangan Para Praja di Kecamatan Darangdan disambut baik oleh Camat dan semua Pejabat tingkat kecamatan yang terlibat saat penerimaan praja di maksud. Nantinya Desa Sadarkarya menerima 7 praja ( 5 Putra dan 2 Putri ). kegiata Bhakti Karya Praja atau BKP sering disebut dalam kalangan Perguruan Tinggi yakni KKN (Kuliah Kerja Nyata). Selama Kegiatan ini Praja diharpkan mengembangkan WEBDESAKU dan Melaksanakan Kegiatan Kemasyarakatan dan Mengikuti kegiatan di Kantor Desa 

Pelatihan Webdesaku Desa Sadarkarya.

Rabu, 10 Agustus 2022 Berita yang biasa kita baca sehari-hari baik secara cetak maupun secara digital pada dasarnya memiliki isi dan tujuan yakni memberi informasi untuk pembaca. Berita merupakan salah satu produk jurnalistik yang mudah ditemui, apalagi di tengah majunya zaman dan teknologi seperti saat ini. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan kapasitas Operator Webdesaku yang ada dimasing-masing Desa guna mendukung optimalisasi program dimaksud. Bertempat di Bale Maya Datar Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta, seluruh Operator Webdesaku yang berjumlah kurang lebih 63 Desa dari enam kecamatan yaitu Cibatu,Sukasari, Darangdan, Babakancikao, Bungursari, dan Bojong. Mengikuti bimbingan teknis terkait pelatihan jurnalistik untuk meningkatkan rating dan popularitas Desa masing-masing. Pula dihadiri oleh Dinas Komunikasi dan Informatika  selaku fasilitator kegiatan tersebut. "Dalam pembuatan berita yang mencakup informasi untuk khalayak umum, maka setidaknya para penulis berita harus memperhatikan penggunaan 5W + 1H". Ujar Adi Kurniawan Tarigan selaku Senior Jurnalis yang turut menghadiri acara tersebut sebagai Pemateri tentang jurnalistik 5W + 1H adalah rumus yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang digunakan untuk mencari inti pokok berita, mengembangkan berita atau sebuah cerita. 5W + 1H sendiri diambil dari kata-kata tanya dalam bahasa Inggris seperti, What (apa), Who (siapa), When (kapan), Why (mengapa), Where (dimana) dan How (bagaimana).  Pelatihan jurnalistik ini sangat penting karena jika jurnalis tidak bisa menulis berita dengan baik maka berbagai informasi penting, terkhusus kegiatan/program desa tidak akan mampu terjangkau ke masyarakat umum. Demikian pula dalam pengelolaan Webdesaku harus dikelola secara maksimal dan penuh tanggung jawab. Seperti yang disampaikan oleh Adi Setiawan Tarigan selaku Jurnalis. "Operator webdesaku harus memiliki semangat dan konsistensi dalam memuat berbagai informasi yang ada di webdesaku".